Pemkab Pinrang Edukasi Nelayan Terkait Keselamatan Pelayaran

inspirasi, Pinrang – Pemerintah Kabupaten Pinrang melalui Dinas Perhubungan Kabupaten Pinrang menggelar Kampanye keselamatan Pelayaran, Kamis (7/11/2019).

Hal ini dilakukan bukan tanpa sebab, menurut Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pinrang Drs.Mantong yang ditemui disela – sela kegiatan mengungkapkan pentingnya pengetahuan keselamatan pelayaran bagi masyarakat yang berada dipesisir dan kebanyakan memiliki mata pencaharian sebagai nelayan.

“Masyarakat pesisir banyak menggunakan transportasi laut dalam beraktifitas, olehnya itu, kami beri pengetahuan terkait keselamatan pelayaran” ungkap Mantong.

Dalam kampanye ini, peserta yang pada umumnya nelayan diberi pengetahuan terkait kelengkapan yang harus dipenuhi jika ingin menggunakan moda transportasi laut, selain itu, mereka diharapkan memeriksa kelaikan transportasi mereka jika ingin melaut.

Selain itu, beban dan daya muat moda transportasi juga perlu dibatasi, karena perahu yang berat memiliki resiko terbalik lebih besar dibanding perahu yang memiliki beban proporsional.

“Mereka perlu diedukasi bahwa, daya muat perahu ada batasnya, jika terlalu berat pasti akan oleng dan bisa menyebabkan kapal terbalik” ungkap Mantong.

Dari kegiatan ini, lanjut Mantong, diharapkan masyarakat nelayan yang sering melaut dapat mengurangi resiko kecelakaan dan hilangnya nyawa di laut, karena tidak mengindahkan faktor keselamatan.

“Mencari nafkah memang penting, tapi jangan mengesampingkan keselamatan di laut” tutup Mantong.(*/)