PERSAKMI Gelar Musda III dan Seminar Nasional Di Kabupaten Pinrang

INSPIRASI, Pinrang — Kabupaten Pinrang ditunjuk sebagai tuan rumah  Musyawarah Daerah III dan Seminar Nasional Perhimpunan Sarjana  dan Profesional Kesehatan Masyarakat Indonesia (PERSAKMI) yang dibuka oleh Bupati Pinrang Aslam Patonangi, di Aula Kantor Bupati Pinrang, Sabtu (20/10/2018).

Musda III dan Seminar Nasional dihadiri oleh Ketua Umum Pengurus Pusat PERSAKMI Prof. Dr. RiPERSAKMuddin, SKM, M.Kes, MSc.PH, Ketua Pengurus Daerah PERSAKMI Sulsel Prof. Dr. Sukri Palutturi, M.kes, Kepala Dinas Kesehatan Sulsel DR. dr Baktiar, kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang drg. Dyah Puspita Dewi, M. Kes, dan ratusan peserta dari Kabupaten Kota Sebagai Sulsel dan Sulbar.

Dalam sambutannya Ketua Pusat PERSAKMI Prof. Ridwan Amiruddin mengatakan jika kepengurusan PERSAKMI ini sudah terbentuk di 32 Provinsi. Keberadaan organisasi ini kata dia sangat vital dalam menyelesaikan berbagai masalah yang begitu kompleks pada bidang kesehatan. Dia berharap para Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM) harus mempu menjalin sinergitas dengan berbagai profesi agak mampu membangun komitmen secara menyeluruh dalam peningkatan taraf hidup kesehatan secara nasional.

Sementara itu Bupati Pinrang, Aslam Patonangi dalam sambutannya mengatakan bahwa pembangunan kesehatan harus berjalan paralel dan tidak bangga pada angka statistik pelayanan Kesehatan, namun bagaimana masyarakat bisa menikmati hidup sehat melalui kerjasama seluruh stakeholder termasuk didalamnya PERSAKMI,” Kita harus mampu merubah paradigma kita dalam pembangunan kesehatan dengan mengacu kepada peningkatan derajat kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Ketua Panitia Pelaksana H. Muh. Yasin, SKM, M.Kes kepada Kabar Inspirasi.com mengatakan jika Seminar Nasional Tingkat Sulsel ini mengambil Tema Pemantapan Sinergitas Lintas Profesi Menuju Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Kata Yasin ada 7 Materi yang akan dibawakan oleh para narasumber diantaranya Ketua Umum Pusat PERSAKMI, Ketua Pengurus Daerah Sulsel PERSAKMI, dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas, dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang. Yasin menambahkan selain Musda dan Seminar Nasional ini, PERSAKMI juga menggelar beberapa kegiatan diantaranya Jalan Santai, Donor darah dan launching senam sehat PERSAKMI. (*)

Insp. 01