Kemenkes dan Komisi IX DPR RI Gelar Sosialisasi Germas Hidup Sehat di Cempa

INSPIRASI, CEMPA — Kementerian Kesehatan RI, Komisi IX DPR RI dan Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang menggelar Sosialisasi Germas Hidup Sehat yang dilaksanakan di Desa Tanratuo Kecamatan Cempa, Sabtu (21/7/2018). Sosialisasi Germas ini dihadiri Anggota komisi IX DPR RI drg. Hj. A Fauziah Pujiwatie Hatta, SKG, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang drg Dyah Puspita Dewi, M.Kes, Camat Cempa Syahrir Pawittoi, para kepala puskesmas dan ratusan warga di wilayah tersebut.

Dalam sambutannya Bupati Pinrang Aslam Patonangi yang dibacakan Kadis Kesehatan Dyah Puspita Dewi mengatakan jika GERMAS ini merupakan tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama oleh seluruh komponen masyarakat dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup,” Melalui Germas diharapkan masyarakat berperilaku sehat sehingga berdampak pada kesehatan masyarakat yang terjaga sehingga mampu meningkatkan produktivitas dan biaya pengobatan yang semakin kurang,” ungkapnya.

Lanjut Dyah Puspita Dewi, pelaksanaan GERMAS ini harus dimulai dari keluarga dan diperlukan kerjasama yang baik lintas program dan lintas sektor sebagai bentuk tanggung jawab akan masa depan bangsa melalui SDM yang berdaya saing dengan bangsa lain.

Sementara dalam pemaparan materinya, Anggota Komisi IX DPR RI Fauziah Hatta berharap jika masyarakat harus meningkatkan kesadaran mereka akan pentingnya derajat kesehatan mereka. Kata dia Pemerintah bersama DPR akan terus berusaha meningkatkan derajat kesehatan masyarakat ini khususnya melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat,” GERMAS adalah langkah strategis pemerintah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang dimulai dengan hal yang cukup sederhana melalui pola hidup sehat mereka,” ujarnya.

Sosialisasi GERMAS ini juga diikuti dengan Makan Buah bersama dan Senam Sehat. (*)

Insp. 01