Gelar TOT Basic Life Support, Dinas Kesehatan Libatkan Hipgadi

Inspirasi,

Pinrang — Dalam melakukan aktifitas sehari – hari, kita tidak pernah bisa memprediksikan bahwa apa yang kita lakukan terbebas dari resiko kecelakaan yang mungkin bisa mengancam nyawa kita, pentingnya penanganan pra medis memang sangat diperlukan sebagai upaya pertama menyelamatkan jiwa bila memang terjadi kecelakaan yang bisa mengancam jiwa jika tidak ditangani secepatnya.

Menjawab hal tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang yang membawahi Public Safety Center ( PSC ) 119 bekerjasama dengan Himpunan Perawat Gawat Darurat Indonesia (Hipgadi) menggelar Training of Trainer (TOT) Fasilitator Basic Life Support Awam di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang, Selasa (10/7/2018).

Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pelatihan kepada para fasilitator yang nantinya akan memberikan pengetahuan kepada masyarakat awam terkait penanganan korban kecelakaan sebelum di tangani oleh tim medis.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang drg Dyah Puspita Dewi yang ditemui seusai pembukaan acara mengungkapkan pentingnya kegiatan ini sebagai upaya mengurangi resiko kematian yang terjadi baik akibat kecelakaaan lalu lintas dan lainnya sehingga korban dapat terselamatkan sebelum ditangani oleh tim medis.

Dyah berharap, 45 orang fasilitator yang dilatih mampu memberikan pemahaman terhadap masyarakat terkait upaya yang dapat dilakukan jika terjadi situasi kegawat daruratan.
“Kami rencanakan bahwa sekitar sejuta masyarakat awam akan faham terkait Basic Life Support atau Bantuan Hidup Dasar yang bisa diberikan jika terjadi situasi kegawat daruratan sebelum korban di tangani oleh pihak medis”. Terang Dyah.(*)

Insp02