BPBD Salurkan Bantuan dan Peringatkan Bahaya Kebakaran

Inspirasi, Pinrang — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pinrang Kembali menunjukkan reaksi tanggap terhadap korban bencana kebakaran yang terjadi di Kelurahan Maccirinnae Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang.

Penyerahan bantuan ini langsung dilakukan di kediaman korban atas nama Mukaddas Suri, warga Kelurahan Maccirinnae Kecamatan Patampanua, Minggu (10/6/2018).

Kepala BPBD Kabupaten Pinrang Mattalatta yang ditemui seusai penyerahan mengungkapkan bahwa ini adalah salah satu tugas dari BPBD untuk menyalurkan bantuan pasca bencana yang dialami oleh korban.

Adapun bantuan yang diberikan berupa kebutuhan pokok untuk digunakan oleh korban pasca bencana yang dialaminya.

Mattalatta kembali mengingatkan, bahwa dalam menghadapi anomali cuaca yang akhir -akhir ini melanda Kabupaten Pinrang, pihaknya telan melakukan koordinasi dengan oemerintah Kecamatan untuk mewaspadai potensi – potensi bencana.

Potensi bencana diantaranya, pada musim hujan warga dimjnta mewaspadai bencana banjir, angin puting beliung dan yang berada di lokasi rawan longor agar mewaspadai potensi bencana longsor ketika jntensitas hujan sedang tinggi.

Sementara menghadapi musim kemarau, Mattalatta memperingatkan untuk mewaspadai bencana kebakaran.

Beberapa langkah dapat dilakukan untuk meminimalisir bencana kebakaran, diantaranya adakah dengan mematikan kompor dan sumber api lainnya ketika akan meninggalkan rumah, meletakkan obat nyamuk bakar dan lampu mjnyak pada tempat yang aman dan yang paling penting dan sangat perlu dilakukan adalah mengganti instalasi listrik yang sudah tua untuk menghindari hubhngan arus pendek listrik yang kerap menjadi pemicu timbulnya api.

“Bencana Kebakaran bisa dihindari, kami tidak henti – hentinya mengharapkan kewaspadaan masyarakat akan hal – hal yang dapat memicu bencana kebakaran” ungkapnya.

Mattalatta menghimbu jika terjadi kebakaran, warga secepatnya dapat menghubungi nomor telpon regu Pemadam Kebakaran Pinrang di nomor telpon 0411921113.(*)

Insp02