Dinas Kesehatan Pinrang Hadirkan Puskesmas Keliling Untuk Layani Masyarakat

Inspirasi, Pinrang – Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Pinrang Kembali menggelar Talkshow Bincang – bincang Bumi Lasinrang Selasa (17/4) dengan mengambil tempat di Taman Pintar Kabupaten Pinrang.

Talkshow kali ini mengangkat tema Pembangunan dalam bidang kesehatan.

Talkshow ini adalah hasil kerjasama Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Pinrang dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pinrang dengan menggandeng Radio Suara Simpati Angkasa, Akwin TV Kabel dan LPPL Suara B umi Lasinrang yang serentak menayangkan Kegiatan ini secara Langsung.

Dalam Tema Pembangunan Bidang Kesehatan kali ini, Panitia menghadirkan Kepala Dinas Kesehatan drg Dyah Puspita Dewi, Staf Ahli Bupati Drs.H.Abdul Fattah, M.Si, seluruh Kepala Bidang Lingkup Dinas Ksehatan Kabupaten Pinrang ditambah dengan Direktur Rumah Sakit dan beberapa Kepala Puskesmas yang ada di Kabupaten Pinrang.

Dalam Pesan Pembuka, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang drg Dyah Puspita Dewi mengungkapkan beberap hal terkait pembangunan Bidang Kesehatan yang sekarang tengah di bangun di Kabupaten Pinrang.

Salah satu yang menjadi fokus pembangunan yaitu mengupayakan masyarakat untuk mengerti akan pentingnya pola hidup sehat, karena hal ini adalah upaya promotif prepentif disamping upaya untuk memenuhi hak masyarakat akan pelayanan kesehatan yang maksimal.

Dyah melanjutkan, Pelayanan kesehatan secara maksimal adalah tugas utama dari dirinya dan semua pihak yang berada dalam ruang lingkup kesehatan, bahkan puskesmas – puskesmas yang tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Pinrang masing – masing telah memiliki tenaga dokter yang setiap saat bisa melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

Disamping itu, setiap puskesmas diwajibkan untuk melakukan upaya jemput bola beberapa kali dalam sebulan dalam program Puskesmas Keliling (Pusling).

“Kami punya program yang namanya Puskesmas keliling, yaitu petugas di tiap puskesmas kami arahkan untuk mengunjungi rumah warga di wilayah puskesmas tersebut untuk melakukan pelayanan kesehatan”pungkas Dyah.

Sementara itu, Direktur Rumah Sakit Umum Lasinrang dr H. Makbul Tapa mengungkapkan bahwa, Pelayanan kesehatan pada instansi yang dipimpinnya saat ini tengah mengembangkan sebuah aplikasi, dimana aplikasi ini digunakan warga untuk mendaftar secara online melalui aplikasi yang dapat di download di playstore android.

Pada aplikasi berbasis mobile ini, lanjut Makbul, calon pasien dapat melihat ketersediaan kamar untuk tiap kelas yang ada, dan setiap 2 hari sekali database ketersediaan kamar diupdate oleh karyawan yang bertugas.

“jadi sebelum langsung ke Rumah Sakit calon pasien bisa melihat ketersediaan kamar via aplikasi berbasis android”. Tutup Makbul.(*)