TPS3R Pinrang Jadi Pilot Project Pengelolaan Persampahan

Inspirasi, Pinrang – Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pinrang Ir. Sudirman didaulat membawakan materi pada Bimbingan Teknis Tenaga Fasilitator TPS 3R (Tempat Pembuangan Sampah Reuse, Reduce Recycle) yang di gelar di Makassar, Jum’at (23/3).

Bimbingan teknis ini dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPERA) dan di tujukan untuk peningkatan kualitas dan kapasitas bagi para tenaga Fasilitator TPS 3R dari Indonesia bagian timur.

Pinrang patut berbangga karena dari sekian banyak daerah Kabupaten / Kota di bagian timur Indonesia, Pinrang di nilai mampu untuk menjaga keberlangsunganpengoperasian program TPS 3R yang tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Pinrang.

Selain itu, dukungan Pemerintah Kabupaten pinrang guna mendukung dan ikut serta mengembangkan TPS 3R sebagai upaya menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih adalah salah satu poin penting serta peran Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten pinrang juga dinilai berhasil dan konsisten membina TPS 3R yang dibangun oleh Kementerian PUPERA ini.

Kepala Dinas DLH Pinrang yang ditemui seusai pemberian materi mengungkapkan bahwa hal ini adalah bentuk konsistensi dari DLH Pinrang untuk tetap menjaga fasilitas yang diberikan oleh Kementerian PUPERA berupa TPS 3R.

Selain itu, lanjut Sudirman, Pinrang juga dinilai mampu untuk menjadi Pilot Projek dalam pengelolaan sampah dan khususnya pengelolaan TPS 3R berbasis masyarakat.

“Kami tidak bekerja sendiri, Dukungan dari semua stake holder, sektor swasta dan semua elemen masarakat ikut membantu kami dalam pengelolaan Persampahan di Kabupaten Pinrang.” Tutup Sudirman.(*)

insp02