Klinik Pertanian Mobile, Angin Segar Bagi Petani Pinrang

Inspirasi, Pinrang – Pemerintah Kabupaten Pinrang terus melakukan inovasi dalam pengembangan terhadap berbagai sektor.

Salah satunya dalam sektor pertanian, dimana sektor ini adalah salah satu sektor andalan disamping sektor sektor lain yang terus dipacu guna meningkatkan produksi.

Meningkatnya produksi pertanian pastilah berbanding lurus dengan berbagai tantangan yang harus dihadapi untuk lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi pertanian.

Klinik Pertanian Mobile adalah salah satu inovasi yang dihadirkan oleh Dinas Pertanian dan Hortikultura (Distanhorti) kabupaten Pinrang untuk melayani masyarakat petani yang tersebar di 12 Kecamatan di Kabupaten Pinrang.

Para petani pun merasa tertolong dengan kehadiran Klinik Pertanian Mobile ini, karena disamping memberikan tambahan pengetahuan, Klinik ini juga melakukan pengamatan dan identifikasi hama secara terjadwal dan rutin di 12 kecamatan di Kabupaten Pinrang.

Klinik Pertanian Mobile kali ini menyasar petani di kelurahan Maminasae Kecamatan Paleteang, Jum’at (2/3), Kegiatan penyuluhan dan pengamatan pertanaman padi ini dihadiri puluhan petani yang ingin berinteraksi langsung dengan para penyuluh pertanian.

Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura Kabupaten Pinrang A.Tjalo Kerrang mengungkapkan bahwa Inovasi ini untuk menjawab kebutuhan petani Pinrang mengenai kehadiran Pemerintah dalam mendukung Program Pertanian terutama Padi di Kabupaten Pinrang.

Tjalo melanjutkan, Pihak Distanhoti Pinrang meminta peran aktif dari para petani untuk senantiasa melaporkan permasalahan yang hadapi agar bisa segera ditindak lanjuti oleh Tim Klinik Pertanian Mobile.

Sementara itu Ketua Gabungan Kelompok Tani Mallangke Suli Barat Kelurahan Mamminasae Usman mengungkapkan rasa syukurnya karena Tim Klinik Pertanian Mobile memberikan pengetahuan dasar dan solusi tepat terhadap penanganan hama.

“Semoga kedepan lebih bermanfaat lagi, terutama bagi kami para petani” ungkap Usman.(*)

insp02