Kapus Sulili Lepas Tim Pendataan PIS-PK

INSPIRASI, Pinrang — Kepala Puskesmas (Kapus) Sulili Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang dr. Amtsyir Muhadi, M.Adm.Kes, Senin (22/1/2017) melepas tim Pendataan PIS-PK (Program Indonesia Sehat Melalui Pendekatan Keluarga) tahun 2017.

Dalam sambutannya Amtsyir Muhadi mengatakan Pendataan PIS РPAK ini merupakan program pemerintah untuk mengetahui permasalahan kesehatan melalui pendataan keluarga dengan 12 indikator untuk menuju keluarga sehat yang pada akhirnya menuju indonesia sehat.

Ke 12 indikator tersebut yakni (1) keluarga mengikuti program Keluarga Berencana (KB); (2) Ibu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan; (3) Bayi mendapat imunisasi dasar lengkap; (4) Bayi mendapat Air Susu Ibu (ASI) eksklusif; (5) Balita mendapatkan pemantauan pertumbuhan; (6) Penderita tuberculosis paru mendapatkan pengobatan sesuai standar; (7) Penderita hipertensi melakukan pengobatan secara teratur; (8) Penderita gangguan jiwa mendapatkan pengobatan dan tidak diterlantarkan; (9) Anggota keluarga tidak ada yang merokok; (10) Keluarga sudah menjadi anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN); (11) Keluarga mempunyai akses sarana air bersih, dan; (12) Keluarga menggunakan jamban sehat,” yang jelas 12 indikator utama ini sebagai penanda status kesehatan sebuah keluarga menuju Indonesia Sehat yang merupakan prioritas pembangunan kesehatan,” ujarnya.

Kata Kabid Bina Kesehatan Masyarakat (Binkesmas) pada dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang ini, jika tim pendataan PIS-PK Puskesmas Sulili ini mencakup 6 Kelurahaan di Kecamatan Paleteang setelah sebelumnya mereka dibekali dengan Penjelasan Teknis, komunikasi Dan koordinasi lintas sektor dan surat tugas,” kami yakin tim akan bekerja maksimal di 6 Kelurahaan untuk melakukan pendataan PIS – PAK ini,” tandasnya. (*)

insp.01