Tim Inovasi Kabupaten Pinrang Gelar Bursa Inovasi Desa

Inspirasi, Pinrang — Tim Inovasi Kabupaten Pinrang menggelar Bursa Inovasi guna melempar beberapa inovasi yang telah dikembangkan oleh kabupaten / kota lain kepada para perangkat desa yang ada di Pinrang guna di kembangkan di desanya masing – masing.

Kegiatan ini diselenggarakan di Gedung PKK Kabupaten Pinrang, Kamis (28/12).

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) yang juga selaku koordinator Tim Inovasi Kabupaten Drs. Alimin,M.Si mengungkapkan bahwa Inovasi adalah hal yang penting, berbagai penghargaan telah diraih oleh Kabupaten Pinrang karena berhasil mengembangkan beberapa inovasi yang mampu memberikan sumbangsih bagi masyarakat Pinrang.

Oleh sebab itu, lanjut Alimin, Beberapa inovasi di tawarkan kepada para perangkat desa dalam bursa inovasi desa ini untuk kemudian dikembangkan di desanya.

Bursa ini teebagi dalam 2 sub yakni Bursa sub A yang menawarkan inovasi dalam pembangunan infrastruktur dan Bursa sub B dalam pengembangan dan pembangunan sumberdaya manusia dan ekonomi.

Bursa inovasi desa ini diharapkan mampu membuka pola pikir para perangkat desa guna memberikan manfaat kepada masyarakat dalam hal penggunaan Dana desa.

Bursa Inovasi Desa ini dihadiri oleh Bupati Pinrang yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs.Risman Laupe, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Camat dan Puluhan Perangkat Desa.

Inovasi memang bukanlah hal yang baru bagi Kabupaten Pinrang, Bupati Pinrang Aslam Patonangi yang beberapa waktu lalu menerima penghargaan sebagai Kepala Daerah terinovatif dari Kementerian Dalam Negeri adalah salah satu bukti bahwa Inovasi menjadi salah satu kunci dalam kemajuan Kabupaten Pinrang selama 8 tahun kepemimpinan Aslam.

Aslam pun menekankan bahwa setiap Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten harus memiliki setidaknya 1 inovasi untuk lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan lebih meningkatkan pelayanan bagi masyarakat bumi Lasinrang.(*)

insp02