DPRD Pinrang Setujui KUA PPAS APBD 2018

INSPIRASI, Pinrang — Sempat terjadi pembahasan yang cukup alot, akhirnya DPRD  dan Pemerintah Kabupaten Pinrang menyetujui Kebijakan Anggaran dan Perioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA – PPAS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018, melalui Rapat Paripurna dengan Agenda Penandatanganan Persetujuan Bersama antara Pemerintah Daerah dan DPRD tentang KUA PPAS, di ruang Paripurna, Jumat (22/12/2017).

Rapat Paripurna tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Pinrang H. Ahmad Ngaru dan dihadiri oleh Bupati Aslam Patonangi, Plt Sekda Pinrang H. Islamuddin, Forkopimda dan para anggota DPRD dan undangan lainnya.

Bupati Pinrang Aslam Patonangi pada sambutannya menegaskan jika pembahasan APBD 2018 ini tidak terlambat walaupun masih dalam tahap persetujuan KUA PPAS, namun hal itu sudah menjadi bagian dari proses pembahasan APBD 2018 nantinya. Dijelaskan Aslam jika proyeksi APBD 2018 sangat berbeda dengan struktur APBD sebelumnya karena adanya beberapa penyesuaian yang bersifat kebijakan strategis Pemerintah Pusat dan momentum wajib dan mengikat bersifat lokal yakni Pilkada dan Pekan Olahraga Daerah (Porda) 2018 yang memerlukan alokasi anggaran yang cukup besar. Belum lagi lanjut Bupati dua periode ini jika kebijakan anggaran pada tahun 2018 harus mengikuti program Nawacita Presiden yang mengedepankan pembangunan dimulai dari pinggiran melalui percepatan pembangunan pedesaan dengan alokasi anggaran untuk Desa,” inilah beberapa penyesuaian yang harus dimasukkan dalam struktur APBD 2018, dan saya katakan Pembahasan APBD kita tidak terlambat karena APBD harus akurat,” ujarnya.

Kata Aslam Patonangi, pembangunan daerah kedepannya harus mengedepankan pengurangan angka kemiskinan dan pengangguran yang dimulai dari pembangunan pedesaan, peningkatan pelayanan publik, serta penerapan aplikasi Informasi dan teknologi berbasis Elektronik Government menuju Smart City,” Insyallah tahun depan kita sudah mengaplikasikan IT dalam pemerintahan dan itu bagian dari perubahan sistem yang lebih baik,” pungkasnya. (*)

Insp. 01