“Dompet Jamban” Gertak Sayang JK, Bawa Seluruh Kelurahaan Di Paleteang Menjadi ODF

INSPIRASI, Pinrang –— Target dari Tim Gertak Sayang JK yang ingin menjadikan 3 desa ODF (Open Defecation Free) dari 6 desa/kelurahan di Wilayah Kecamatan Paleteang yaitu Kel. Pacongang, Kel. Macinnae dan Kel. Mamminasae menuai hasil positif. Menurut dr. Amtsyir Muhadi M.Adm.Kes kepada Kabar Inspirasi.com diruang kerjanya, Kamis (14/12) mengatakan dari verifikasi Tim Verifikasi desa telah mengklaim dan menyatakan jika Kelurahan Macinnae, Pacongang dan Mamminasae sudah ODF. Amtsyir mengatakan penetapan ODF untuk ketiga kelurahan inj setelah dilakukan pendekatan dalam merubah perilaku masyarakat  melalui Dompet Jamban “Dompet Jamban ini merupakan partsipasi masyarakat untuk pembangunan jamban secara mandiri tanpa tergantung  dari pemerintah daerah,” ujarnya.

Lebih lanjut Amsyir Muhadi, menjelaskan jika tiga kelurahan yang menjadi ODF tersebut sebagai pelaksanaan proyek perubahan melalui berbagai proses tahapan. Pelaksanaannya mulai dari pembentukan tim kerja, pembuatan SOP Verifikasi Desa/Kelurahan ODF, pernyataan dukungan Stakeholder termasuk sosialisasi, mapping sanitasi, Pemicuan stop BABS, Monotoring dan evaluasi, pernyataan klaim Desa/Kelurahan ODF, “Dan hasil Verifikasi menyatakan bahwa Kelurahan Pacongang, Kelurahan Mamminasae dan Kelurahan Maccinnae sudah 100% warganya telah buang air besar di jamban, “jelasAmtsyir.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan drg. Dyah Puspita Dewi, M.Kes melalui testimoninya mengatakan keberhasilan proyek perubahan ini mempunyai manfaat yang dirasakan oleh Dinas Kesehatan melalui proyek perubahan percepatan desa ODF melalui Gertak Sayang JK. Manfaat tersebut kata Dyah Puspita Dewi diantaranya meningkatkan kinerja cakupan desa ODF pada program kesehatan lingkungan atau sanitasi, membantu program promkes melalui PHBS pada  tatanan Rumah Tangga khususnya pada indikator menggunakan jamban keluarga, menekan terjadinya bayi pendek atau stunting dengan program Kesehatan kekuarga dan Gizi. Lanjut dr. Dewi manfaat lain dari proyek ini dalam program penanggulangan penyakit dengan membantu program Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P)  dengan menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat penyakit berbasis lingkungan,” Walau desa/kelurahan ini dinyatakan ODF akan tetap dilakukan monitoring dan evaluasi untuk memastikan perilaku Stop BABS sifatnya sudah permanen”, harapnya.

Lanjut Kadis Kesehatan langkah selanjutnya akan membentuk Tim Gertak Sayang JK di tingkat kabupaten untuk melanjutkan proyek ini sampai tercapai Universal Access Coverage di Kabupaten Pinrang di tahun 2019 dimana semua desa/kelurahan harus ODF”, harapnya.

dr Amtsyir Muhadi M.Adm.Kes selaku Inisitaor Proyek perubahanyang sudah berjalan dua bulan ini, menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kepala Dinas Kesehatan drg. Dyah Puspita Dewi, M.Kes selaku mentor,  coach Muhammad Yamin, S.Pd, M.Pd, dan kepada para stakeholder khususnya Camat Paleteang dan jajarannya serta Ketua dan anggota Tim Gertak Sayang JK, Tim kerja proyek perubahan yang selalu semangat menyelesaikan tahapan proyek perubahan tersebut. (*)

Insp 01