Ke 4 Kalinya, Pinrang Pertahankan Predikat Kabupaten Sehat

INSPIRASI, Pinrang — Setelah 2 tahun sebelumnya meraih penghargaan Swasti Saba sebagai Kabupaten sehat, Kabupaten Pinrang kembali mempertahankan supremasi sebagai Kabupaten Sehat Tahun ini dengan mempersembahkan¬† Swasti Saba Wistara sebagai kedua kalinya,”Kabupaten Sehat dalam artian Pinrang sukses mengembangkan konsep hidup sehat dan sejahtera yang telah membudaya didalam masyarakatnya,” ujar dr Dyah Puspita Dewi, Mkes, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang, sesaat setelah penerimaan penghargaan tersebut di kantor Kementerian Dalam Negeri di Jakarta, Selasa (28/11/2017).

Kata Dewi (sapaan akrabnya) Pencapaian ini bukan hal yang biasa, karena berbagai program dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten melalui beberapa SKPD melalui koordinasi Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang.

Menurutnya, Beberapa indikator yang dinilai dalam verifikasi tim Kabupaten Sehat yang dikembangkan oleh SKPD dan Stakeholder yang tergabung dalam forum kabupaten sehat, diantaranya Dinas Ketahanan Pangan dalam menjaga Ketahanan dan Ketersediaan Pangan dan gizi, Dinas Sosial dalam Pwngembangan Kehidupan Sosial yang sehat, Bappeda sebagai Perencana kegiatan yang mengacu kepada Pola hidup sehat dan penyehatan lingkungan serta Dinas Kesehatan sebagai promotor dalam menjaga dan membudayakan pola hidup sehat di dalam masyarakat.

Penyerahan Tropi dan piagam Swasti Saba Wistara ini dilakukan di Gedung Kementerian Dalam Negeri Selasa, (28/11) oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nina Moeloek kepada Bupati Pinrang yang diwakili oleh Sekretaris Daerah H.Syarifuddin Side.
Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang drg. Dyah Puspita Dewi mengungkapkan bahwa, Pinrang telah menyabet penghargaan ini sebanyak 3 kali, pertama Pinrang menyabet Swasti Saba Wiwerda, setelahnya Swasti Saba Wistara pada 2015 dan kembali menyabetnya tahun ini.
“Berkat dukungan stake holder yang tergabung dalam Forum Kabupaten Sehat, Pinrang Kembali mempertahankan supremasi sebagai Kabupaten Sehat pada tingkatan Wistara” ungkap Sekda Pinrang. (*)

Insp. 02