Bincang – bincang Bumi Lasinrang Usung Tema Pemberdayaan Perempuan dan Home Industri

Inspirasi, Pinrang — Bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Pinrang kembali menggelar acara Talkshow Bincang – bincang Bumi Lasinrang guna menjaring aspirasi masyarakat secara live melalui media elektronik Radio dan TV Kabel Lokal Kabupaten Pinrang.

Tema yang diusung kali ini adalah pemerintahan desa, pemberdayaan perempuan dan industri rumah tangga.

Dalam pesan pembuka, Bupati Pinrang Aslam Patonangi selaku narasumber utama mengungkapkan bahwa, Berbicara mengenai pemberdayaan perempuan tentunya tidak lepas dari pemberdayaan masyarakat terutama pemberdayaan masyarakat desa, Aslam melanjutkan bahwa beberapa program telah digulirkan guna memberdayakan perempuan terutama ibu rumah tangga yang tinggal di desa.

Aslam mencontohkan, program pemanfaatan pekarangan yang mampu memberdayakan perempuan yang memiliki pekarangan untuk memenuhi barang konsumsi rumah tangga sehingga setidaknya mampu menekan biaya konsumsi masyarakat contohnya sayur – sayuran.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pinrang A.Dewiyani Aslam mengatakan bahwa dalam hal pemberdayaan perempuan, PKK Kabupaten Pinrang senantiasa mengupayakan berbagai cara agar dalam pemenuhan kebutuhan keluarga, para perempuan di dalam keluarga senantiasa memiliki peran yang aktif, diantaranya dengan mengadakan kerjasama dengan dinas terkait untuk memberikan keahlian kepada para perempuan dan selepas itu, mereka bisa mengajukan permohonan bantuan berupa mesin jahit dan peralatan salon sehingga mereka bisa langsung menkonversi apa yang mereka dapatkan pada saat pelatihan menjadi pundi pundi rupiah untuk pemenuhan kebutuhan ekonomi keluarga. (*)

Insp02