Kopi Basseang, Kopi Lokal Pinrang Yang Mulai dikenal Dunia

Inspirasi, Pinrang — Kopi Basseang sudah sejak 2 tahun terakhir menjadi Kopi Favorit di Kabupaten Pinrang.

Kobass Coffee adalah Gerai yang terletak di sebelah utara Masjid Al-Munawwir Pinrang menyajikan Kopi Kegemaran bagi Masyarakat Pinrang dan yang lebih membanggakan lagi, Bahan baku Kopi diambil dari hasil perkebunan Kopi Masyarakat setempat tepatnya dari Dusun Basseang Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang.

Bagi para penikmat Kopi, Kopi Basseang adalah idola baru, ketersediaan bahan baku dari Dusun Basseang menjadikan mereka bisa setiap saat menikmati perasan kopi yang kental dengan cita rasa khasnya sendiri.

Pemilik gerai Kobass, Isra yang ditemui Rabu (27/9) mengungkapkan bahwa gerainya senantiasa mengutamakan memilih biji kopi yang berkualitas hasil kebun dari masyarakat Basseang, ia pun merasa sangat bangga karena kwalitas biji dan juga cita rasa Kopi asal Basseang tidak kalah dengan kwalitas dan citarasa kopi toraja ataupun kopi lampung yang jauh lebih dulu dikenal oleh khalayak penikmat kopi.

Lebih lanjut Isra mengungkapkan bahwa, Kopi Basseang pun sudah mulai dilirik oleh investor asing, diantaranya investor dari swiss, Maroko, Belanda, Korea dan terakhir dari Turki sempat mengunjungi dan mencicipi kopi Basseang.

Jenis Kopi Basseang ada 2 yakni Robusta dan Arabika, tetapi yang dikembangkan adalah jenis Robusta karena investor menilai kopi basseang jenis robusta mempunyai ciri khas rasa dan tahan terhadap hama sehingga dalam pemeliharaannya tidak menggunakan pestisida.

Isra pun mengajak para pecinta Kopi di Pinrang untuk lebih memperkenalkan Kopi Lokal dengan kualitas internasional ini, Isra percaya kualitas Kopi Basseang tidak kalah dengan kopi kopi top di Indonesia bahkan di dunia.

Guna memanjakan para pecinta kopi dan untuk memperkenalkan cita rasa kopi Basseang, gerainya pun turut serta untuk memeriahkan “The International Coffee Day” atau Hari Kopi International yang berlangsung dari tanggal 30 september sampai 1 oktober 2017 mendatang.

“Dalam memperingati Hari Kopi Internasional, kita akan adakan berbagai kegiatan, diantaranya Talkshow yang mengusung tema Melestarikan Budaya Leluhur dan Tradisi Cinta Kopi, selain itu ada kegiatan Bazaar Biji Kopi Terbaik Sulsel dan berbagai kegiatan lain yang memanjakan para pecinta kopi.” tutup Isra (*)

Insp02