Duampanua dan Batulappa dilanda Banjir

Bantuan Natura untuk Korban Banjir di Kecamatan Duampanua dan Batulappa

Inspirasi, Pinrang — Akibat hujan yang mengguyur beberapa hari belakangan ini membuat dua Kecamatan yang di lalui sungai Saddang yakni Kecamatan Duampanua dan Batulappa dilanda banjir. Bupati Pinrang Aslam Patonangi melalui Staf Ahli bidang Kemasyarakatan drg Dyah Puspita Dewi kepada Kabar Inspirasi.com mengatakan Banjir mulai menggenangi beberapa titik di Kecamatan Duampanua dan Batulappa akibat hujan khususnya di daerah hulu sungai Saddang yang ada di Kabupaten Berenang dan Tana Toraja “Ini banjir kiriman yang melanda dua wilayah Kabupaten Pinrang akibat hujan khususnya di hulu sungai Saddang”jelasnya.

Antisipasi Banjir di dua Kecamatan tersebut lanjut Dyah Puspita Dewi Pemerintah Daerah Melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama Kantor Ketahanan Pangan dan Dinas Sosial telah menurunkan bantuan berupa beras dan mie instan di daerah bencana. Selain itu juga telah didirikan Posko penanggulangan bencana yang siap siaga tanggap bencana “Bantuan dari instansi terkait dan posko bersama relawan serta Satpol PP telah disiagakan di daerah banjir” Ujarnya

(Insp.01)

1 Comment

  1. Arsyad Yunus Samad

    16 April 2016 at 07:29

    Pemerintah dan Masyarakat Kab. Pinrang perlu bersikap proaktif menyikapi fenomena banjir kiriman seperti ini. Membangun kerjasama dan mengintensifkan dialog antar pemerintah daerah yang berada dalam Kawasan DAS Sadang mendesak untuk dilalukan, dan posisi Kab. Pinrang startegis untuk menggagas kerjasama tersebut. Pinrang sebagai salah satu kabupaten pengguna Sumber daya air terbesar Sungai sadang untuk sektor pertanian namun, Kab. Pinrang juga merupakan kabupaten yang sangat trentan terhadap banjir kiriman dari hulu DAS Sadang. Dengan demikian posisi tersebut menjadikan Kab. Pinrang sangat berkepentingan terhadap keberlanjutan daya dukung lingkungan DAS Sadang.